Kamis, 21 April 2011

Mengenal Entity atau Entitas database

Assalamualaykum wr. wb.
Senang dapat melanjutkan posting di hari yang dingin ini. Maklum lagi musim hujan. hehe...
Sebelum menganjak aplikasi flex dengan database mari kita bahas dulu sejenak mengenai entity atau entitas pada database. Saat ini pasti orang yang baru mengenal pemrograman dan memulai aktifitas database pasti ada yang bingung dengan Entity atau entitas.

Apakah sebenarnya entity atau entitas itu?
Dosen saya berkata entitas itu tabel
dosen saya berbeda, entity itu bukan tabel,
Lantas apa yang benar, menurut wiki-pedia entitas itu adalah
Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda, walaupun tidak harus dalam bentuk fisik. Abstraksi, misalnya, biasanya dianggap juga sebagai suatu entitas. Dalam pengembangan sistem, entitas digunakan sebagai model yang menggambarkan komunikasi dan pemrosesan internal seperti misalnya membedakan dokumen dengan pemrosesan pesanan.
Pendapat pendapat mengenai entitas itu dapat pula ditarik kebenarannya atau juga mungkin belum benar. Pendapat nomer 3 tersebut memberikan penjelasan yang benar.
Penulis sendiri kadang juga bingung kalau pertanyaan mengenai entitas itu di putar putar, apakah entitas itu tabel? Lalu apakah tabel itu entitas. Menurut pemahaman penulis, entitas itu adalah sebuah bagian penyusun suatu sistem, dapat berupa benda nyata atau yang abstrak. Misalnya dalam sistem informasi akademik terdapat entitas dosen, entitas mahasiswa dll. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa entitas itu bagian penyusun sistem yang pada nantinya akan dijadikan model tabel pada database..

Apakah anda paham?
hehe
Saya rasa anda pasti paham... semoga membantu bagi yang menemui kendala tentang pemahaman entitas. Sekian dulu ya, tunggu posting mitbay yang selanjutnya....
Wassalamualaykum Wr. Wb.

3 komentar:

  1. saya juga rada bingung... aku pikir entitas itu juga tabel..
    balik ya...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Entitas adalah sesuatu yang memiliki keberadaan yang unik dan berbeda

      Hapus

Tinggalkan komen yang membangun ya...