Jumat, 22 April 2011

OOP Actionscript 3

Assalamualaykum Wr. Wb.
Selamat sore sahabat blogger... Saatnya melanjutkan posting di blog yang nubi ini,.. hehe ..

Pada saat membuat aplikasi flex atau aplikasi yang menggunakan flex, sangat disarankan untuk menguasai OOP (Object Oriented Programming) terlebih dulu. OOP atau yang lebih dikenal dengan PBO atau Pemrograman Berorientasi Object sudah diimplementasikan pada Actionscript 3.0. Hal tersebut dikarenakan bahasa yang nantinya akan digunakan yaitu Actionscript 3.0 yang menggunkan OOP.

OOP pastinya sudah menjadi hal pokok yang harus dikuasai. Tidak harus 100% menguasai OOP tetapi pengetahuan dasar mengenai OOP yang wajib diketahui adalah:

  • Object
  • Kelas atau class
  • Package
  • Inheritance dan Composition
  • Encapsulation
  • Polymorphisme
Bagaimana kawan blogger? Masih semangat belajar OOP Actionscript? Kalo penulis masih semangat banget, kan penulis juga masih belajar juga, jadinya biar lebih mengasah kemampuan OOP. Mari kita lanjutkan Pembahasan ini. Mari kita mulai:

Kelas (Class)
Secara teori OOP kelas dijelaskan sebagai kumpulan fungsi atau method (metode) yang menyediakan cetakan untuk instan kelas (object) yang dibuat dari kelas tersebut. Diibaratkan sebuat cetakan kue, pada cetakan kue tersebut terdapat bahan kue (properties atau variable) cara membuat kue (method).
Contoh kelas adalah:
package com.bayu.contoh {
public class BuatKue //nama kelas
{
public var bahan:String = "red";//variable
public function BuatKue()// constructor method {
trace("new "+ color +" brick created");
}
}
}

Object
Object itu adalah obyek nyata dari class atau kelas yang merupakan instansiasi dari kelas. Kalau dalam dunia nyata yang sering diibaratkan yaitu kue dan cetakan kue.
Contoh object sebagai berikut:
import com.bayu.contoh.BuatKue;
var kuePertama:BuatKue = new BuatKue();
Dari contoh yang diberikan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa BuatKue adalah kelasnya. dan kuePertama adalah Objectnya. Jadi dengan satu kelas (BuatKue) dapat dihasilkan banyak object (kue).

Tapi kok ada yang kurang ya.. penjelasan selanjutnya mana? hehe... tunggu posting selanjutnya ya...
Wassalamualaykum Wr. Wb...

1 komentar:

Tinggalkan komen yang membangun ya...