Sabtu, 21 Mei 2011

OOP actionscript (access modifier)

Assalamualaykum wr.wb.
Selamat pagi semua kawan... Mari dilanjutkan ke pemrograman flex. Jika kita memrogram flex, kita harus kenal dengan actionscript. Actionscript ini sudah berbasiskan OOP. Jadi kelebihan-kelebihan OOP sudah dapat diterapkan disini. Salah satunya yaitu access modifier. Access modifier adalah suatu cara yang digunakan untuk menentukan suatu variabel, method, atau kelas dapat digunakan. Pada access modifier ini kita juga dapat menentukan siapa saja yang dapat mengakses method kelas atau variable tertentu. Access modifier dapat dibedakan menjadi berikut ini:

  1. Public
    Memberikan variabel akses publik yang berarti bahwa tidak ada pembatasan akses mereka. Access public memberikan akses kepada class lain, package lain.
  2. Private
    Memberikan variabel akses pribadi yang berarti bahwa mereka dapat diakses hanya dalam isi deklarasi mereka. Private memberikan akses kepada kelas itu sendiri dan tidak dapat diakses oleh kelas lain.
  3. Protected
    Protected akses memberikan variabel aksesibilitas dalam kelas mereka sendiri atau kelas turunan dari kelas. Kelas yang dapat mengakses yaitu kelas yang terdapat pada satu package.
Hmm.. ada lagi apa tidak ya.. Saya rasa cukup ini saja access modifier pada actionscript flex. Ibarat tiada gading yang tak retak. tulisan ini pasti ada kesalahan.. Mohon comment y.. biar bisa meningkatkan kualitas dari tulisan ini..
Wassalamualaykum wr.wb.

4 komentar:

Tinggalkan komen yang membangun ya...