Selasa, 26 Februari 2013

Apakah perlu antivirus untuk linux?

Assalamualaykum wr.wb.

Perlukah antivirus untuk linux? Mungkin itu adalah pertanyaan basic yang banyak ditanyakan oleh sebagian orang. Sebagian orang telah mengetahui bahwa linux baik dari distro apa pun (ubuntu, blankOn, opensuse, zenwalk, dll) adalah sebuah sistem operasi yang cukup handal dalam mengatasi malware khususnya virus. maka sebagian orang akan menjawab tidak untuk menggunakan antivirus bagi linux mereka.

Dengan jumlah virus untuk linux yang tidak sebanyak virus untuk OS Window$. 

Penggunaan antivirus untuk linux juga kurang digunakan. Namun dengan perkembangan saat ini bukan tidak mungkin malware di linux juga semakin banyak dan berkembang. Berikut ini yang bisa digunakan sebagai referensi mengapa pada linux juga perlu di berikan antivirus:

  1. Berbagai distro linux dapat menjalankan aplikasi dari Window$ dengan bantuan wine. Dengan begitu linux juga kemungkinan dapat menjalankan malware untuk windows.
  2. Malware semakin canggih, bahwa tidak hanya menginfeksi berdasarkan sistem operasi melainkan dapat menyusup dari BIOS.
  3. Memiliki dual boot dengan Window$, jika file windows terinfeksi virus dan jika terbuka menggunakan linux maka file juga tidak dapat digunakan dan tidak menutup kemungkinan file tersebut juga menyebarkan virus dengan wine.
  4. File yang terinfeksi misalnya doc yang sudah terkena virus juga butuh di disinfect sebelum dibuka.
Nah itu beberapa hal yang dapat dijadikan referensi untuk linux user agar menambahkan antivirus di linux.


Wassalamualaykum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komen yang membangun ya...