Minggu, 25 November 2012

Color Harmony atau keselarasan warna untuk desain web

Assalamualaykum Wr. Wb

Color harmony atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan keselarasan warna merupakan syarat mutlak agar sebuah website atau desain grafis agar terlihat bagus dan lebih hidup. Tanpa adanya color harmony, maka sebuah desain website akan serasa norak, aneh ataupun yg pasti tidak selaras.

Jika anda sudah expert dalam keserasian warna maka anda tidak akan kesulitan dalam memilih warna. Jika anda masih newbie atau awam mencari keselarasan warna adalah hal sulit (kecuali memang bakat #hehehe). Ada beberapa jenis keselarasan warna yang banyak digunakan pada website atau desain diantaranya adalah:

  1. Keselarasan warna (color harmony) natural atau alami: color harmony ini berdasarkan warna warna alamiah. seperti warna serasi antara cokelat dengan hijau yang merupakan perpaduan antara tanah dan daun. Contoh lainnya adalah warna orange dan hijau merupakan keselarasan alam yaitu antara daun dengan buah jeruk.
  2. Keselarasan warna (color harmony) mono chrome: keselarasan warna ini berdasarkan tingkat gradasi atau tingkat gelap terang. misalnya warna Hitam pekat - hitam - abu2 - putih.
Contoh color harmony diatas adalah contoh wajar dan banyak dipakai. Anda juga dapat memilih color harmony dengan bantuan atau tools berikut ini:
Atau download di alamat berikut ini
Dengan keselarasan warna atau color harmony tersebut diharapkan sebuah desain produk atau desain web lebih eye catching dan lebih membuat orang tertarik.

Demikian sekilas mengenai color harmony, kalo ada yang kurang paham dapat di posting di bagian komentar.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komen yang membangun ya...